Ad Code

Responsive Advertisement

Cara Menghemat Listrik di rumah

hemat




Apakah Anda sudah menghemat energi? 
Tanpa disadari banyak di antara kita yang menyalahgunakan energi. Sumber energi memang dapat di konversi, namun tidak sebanding dengan penggunaannya. Berikut lima cara mudah untuk menghemat energi dari rumah, dikutip hijau harian.
Untuk menghemat biaya listrik di Rumah kami memberikan beberapa cara dan tips untuk menghemat listrik ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari :
Hemat Pemakaian Lampu
Untuk kebutuhan lampu, siasati kebutuhan penerangan di rumah dengan menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Usahakan untuk menerapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00. Beberapa siasat dan pengendalian diri terhadap pemakaian listrik yang lebih dibatasi ini cukup membantu Anda dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan menekan biaya tagihan listrik bulanan Anda.


Matikan komputer saat malam hari
Hampir setiap hari komputer digunakan oleh para karyawan. Tetap Komputer Tetap Mulai Kreatif Komputer sama seperti manusia, dia juga harus beristirahat. Matikan monitor Anda jika tidak digunakan selama lebih dari 20 menit. Selain menghemat energi hal ini juga akan mengurangi keausan pada perangkat keras dan memperpanjang hidup komputer Anda.
Gunakan laptop dibandingkan komputer
Laptop hanya menggunakan 15 hingga 25 watt listrik, dibandingkan dengan komputer yang menghabiskan 150 watt. Laptop juga menghabiskan daya yang lebih kecil

solusi penaikan daya listrik

Gunakan AC Seperlunya 
Mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Bila di rumah Anda menggunakan AC, pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau offsecara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sehingga tidak perlu Anda mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda. Pendingin makanan (kulkas) juga harus diperhatikan dalam penggunaannya. Jangan mengisi kulkas terlalu penuh karenakulkas akan menyesuaikan suhu dengan banyaknya barang yang ada di dalam kulkas. Hindari kebiasaan membuka pintu kulkas untuk jangka waktu yang lama karena mesinnya akan bekerja lebih tinggi untuk menyesuaikan suhu di dalam dan di luar kulkas yang akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik.
Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan 
Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan.
Baik itu pengisi daya gadget Anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya.
Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda.
Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa
Penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol pemakaian listrik secara berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam
menggunakan listrik.

Baca Juga : Saving Energy Hotel

Matikan Alat Elektronik Saat Tidur
Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik tertinggal dalam keadaan menyala. TV masih menyala ketika tidur, lampu menyala, gadget sedang dalam proses pengisian baterai.TV yang masih menyala ketika Anda tidak sedang menontonnya jelas memberikan efek berupa tagihan listrik membengkak. Lampu sebaiknya dimatikan ketika Anda sedang beristirahat selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk merilekskan tubuh Anda sehingga bisa beristirahat dengan lebih baik. Jangan pernah tinggal gadget Anda dalam keadaan masih mengisi daya ketika Anda memutuskan untuk tidur. Anda mungkin merasa tidak keberatan pada hal pembayaran tagihan listrik namun resiko lain seperti baterai menggelembung hingga bocor mengintai.
Itulah beberpa tips yang bisa dipakai acuan untuk hemat energi tapi ingat berhemat memang penting tapi jaga estetika terutama di lampu penerangan supaya tidak gelap gulita dan mengundang pencuri,,,,hehehehheheh 
selamat siang selamat berkatifitas....
salam engineer...
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Boleh di click artikel lainya: 
Safety Fire Hotel -Team Work-Standart guest room





Post a Comment

0 Comments

Close Menu