Ad Code

Responsive Advertisement

Pengaman listrik dari tersengat listrik ( ELCB)


Pernahkah anda kesetrum arus listrik???
Penyebabnya, bisa itu sentuhan langsung karena kabel terkelupas tangan atau peralatan yang basah atau menyentuh benda terinduksi seperti body kulkas atau komputer dll.
Pengaman Listrik atau sering di sebut MCB salah satunya adalah istilah yang dipakai untuk komponen pemutus daya atau yang biasa dikenal dengan nama kerennya circuit breaker

Umumnya Ada beberapa jenis pemutus daya yang sering digunakan di dalam desain sistem tenaga listrik, diantaranya MCB, ELCB ,MCCB dan RCCB. Tapi yang kita bahas di sini adalah ELCB. 

Metode pencegahan resiko ini disebut meminimalisir tegangan sentuh,dengan cara mendapatkan tahanan pentanahan sekecil mungkin agar sentuhan tegangan berada pada tahap aman dan arus yang lewat dalam tubuh tidak mencapai tahap fatal.










Seberapa pentingkah proteksi keamanan instalasi di rumah anda????????

ELCB 
(Earth Leakage Circuit Breaker )

Merupakan peralatan pemutus daya yang berfungsi sebagai peralatan keselamatan untuk digunakan pada instalasi sistem tenaga listrik dengan impedansi pentanahan yang tinggi untuk mencegah kejadian tersengat listrik.  


gambar 1
ELCB

ELCB merupakan sebuah alat komponen proteksi instalasi listrik yang bekerja memutuskan arus listrik pada saat terdekteksi adanya kebocoran ke tanah/grounding  dan yang lebih penting lagi ELCB bisa memutuskan arus listrik ketika terjadi kontak listrik dan tubuh manusia yang bersentuhan dengan ground.  

 Alat ini  akan mendeteksi jika ada tegangan sisa pada enclosure peralatan yang terbuat dari logam dan akan memuitus rangkaian listrik ketika tegangan yang berbahaya terdeteksi. Secara garis besar ada dua jenis ELCB. 


ELCB yang bekerja berdasarkan tegangan dan ELCB yang bekerja berdasarkan arus atau biasa dikenal sebagai RCCB (Residual Current Circuit Breaker).
Prinsip kerja dari ELCB adalah mendeteksi dari kebocoran arus yang terjadi dengan cara membandingkan nilai antara fasa dan netral dari suatu sistem kelistrikkan. 

Arus yang keluar dari titik fasa dan netral berbanding lurus ( seimbang ) dan apabila terjadi perbedaan nilai antara titik fasa dan netral maka ELCB akan memutuskan aliran listrik pada sistem instalasi. 

Ketidakseimbangan antara titik fasa dengan netral bisa terjadi karena adanya  kebocoran isolasi baik di titik fasa, netral ( bumi / grounding.

Untuk Sistem Pengamanan dirumah,  kita dapat memasang atau memilih ELCB dengan kepekaan yang lebih tinggi yakni ratting Arus sisa 30 mA. Angka tersebut ambang batas manusia kesetrum yang jika melebihi akan membahayakan manusia.







Perlindungan yang ideal untuk instalasi listrik apapun seharusnya memiliki perangkat pengaman terhadap beban lebih ( MCB) kalo Hubung singkat FUSE dan Arus Bocor ( ELCB). 

Untuk mengamankan sistem dan peralatan yang kita gunakan sebaiknya sistem kita memiliki pentanahan yang baik artinya nilai impedansi pentanahan harus sekecil mungkin agar pengaliran Arus gangguan ke tanah berlangsung sempurna. 


Pentanahan/grounding yang baik dapat melindungi kita dari kebocoran arus pada body peralatan, dan jika peralatan kita mengalami kebocoran arus dengan ground maka ELCB akan mengamankannya. 

Kalo MCB atau Miniature Circuit Breaker merupakan peralatan pemutus daya yang mungkin kita sering lihat di lingkungan rumah kita seperti di panel pembagian di rumah, panel distribusi di kantor, dan lain lain.

Ya, jenis pemutus daya ini memang punya karakteristik meskipun setiap rumah/kantor pasti memiliki MCB yang terpasang di dinding kita atau hanya terpasang di KWH meter saja.

Apakah anda tahu fungsi Utama MCB....??

MCB hanya berfungsi sebagai pembatas arus yang berlebih. Jika arus yang melewati lebih besar daripada kapasitas maksimum MCB maka switch akan trip. itulah fungsi dari MCB.

Nah bagaimana kalau terjadi Short..??

Maka dari itu dibutuhkan komponen pelindung dari short tersebut yang dinamakan ELCB. Agar kita tidak tersengat listrik.....👍

Demikian pembahasan mengenai alat proteksi keamanan instalasi listrik bagi kita.

 Silahkan di komen dibawah jika ada yang ingin di tanyakan atau sekedar sharing ilmu.🙏🙏🙏




Post a Comment

0 Comments

Close Menu