Ad Code

Responsive Advertisement

Tips cara menjadi engineering pemula

 Salam engineering,

Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menjadi seorang engineering atau teknisi di sebuah perusahan atau hotel 

Saya akan membagikan pengalaman yang sudah hampir bekerja selama 18 tahun di bidang engineering perhotelan ( hospitality) tentunya berbagai pengalaman yang saya alami baik suka maupun duka dan berbagai ilmu yang sudah banyak saya dapatkan baik teori maupun praktek. 

Sebagai seorang engineer memang tidak lepas dari yang namanya komplin dari departement lainya maupu  owner langsung itu wajar karena kita dituntut untuk segera memperbaiki suatu alat baik itu mekanik maupun electrikal bahkan sampai ke civil atau plumbing sekaligus karena tergantung masing2 perusahanan/hotel itu sendiri apakah di buat masing2 section atau general. But anyway no problem this your job.

Baca juga : Cara kerja AC

Nah untuk para pemula sebagai enginering ataupun tamatan baru yang akan bekerja sebagai engineering kalian harus perhatikan tips berikut dari saya:

  1. Pastikan anda mengetahui semua tata letak atau lokasi penempatan dari masing masing equipment itu sendiri. Contoh panel LVMDP,Genset,MDP atau SDP, ruang pompa,ruang STP,atau pantry masing panel ke kamar atau BOH. Hafalkan satu per satu. Dan pastikan jalur arah panel kemana. ( biasanya kalo bisa baca gambar as built sih gampang heheh)
  2. Minta SOP (standart operational prosedure) atau Job desk anda ke atasan anda. Agar jelas tujuan anda bekerja.contoh anda di tempatkan di bagian apa.
  3. Pastikan anda berbekal ilmu teknik dasar listrik jika masih ragu sebaiknya belajar dari buku teknik/goggle saja...hehehe biar cepat.
  4. Banyak bertanya kepada senior anda atau atasan anda jika ada kesemoatan bertanya agar ada cepat memahami situasi tempat anda bekerja.
  5. Kerjasama/team work adalah sebuah prestasi anda jika bisa melakukan nya karena tanpa team kalian juga tidak bisa bekerja sendiri.
  6. Ikuti setiap pelatihan yang diadakan di adakan di perusahanan/hotel anda baik itu teori maupun praktek 
  7. Loyalitas harga mati jika anda ingin berhasil karena anda akan banyak mendapatkan ilmu, semisal ada kerjaan yang belum diselesaikan tapi jam pulang sudah waktunya sebaikanya anda ikuti senior anda sampai beres. ( disini anda akan mendapatkan ilmu yang tidak pernah anda bayankan karena ilmu teknik itu butuh waktu dan kesabaran)
  8. Jika anda mendapati masalah teknik jangan pernah mengambil resiko memperbaiki sendiri jika belum faham konsultasikan dengan atasan anda agar terciptanya rasa ber komunikasi dan tanggung jawab.
  9. Jangan monoton tetap belajar dan memahami setiap pekerjaan anda teruslah mencari ilmu baru ke atasan anda mauapun senior anda.
  10. Asah kemampuan anda jika sudah memahami dan mempelajari ilmu teknik teraebut
Nah itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan ke rekan rekan yang baru dana akan menjadi seorang engineering karena semua usahan dan jerih payah anda pasti akan berbuah hasil, rajin rajin lah belajar dan memahami bentuk sebuah problem engineering itu sendiri niscaya karena ilmu teknik bisa di pelajari dari pengalaman anda sendiri tergantung dari pemahaman anda sendiri. 

Click artikel berikut:



Post a Comment

0 Comments

Close Menu