Ad Code

Responsive Advertisement

Pengertian AC ( Air Conditioner)

Air Conditioning adalah beberapa mesin yang memiliki pendingin udara yang ada di sekitar mesin pendingin tersebut. 

Pendingin Udara (AC) adalah mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara men sirkulasi kan gas di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor. -ubah, yang berbentuk cairan dan gas. 

Panas yang ada di pipa kondensor berasal dari pendingin gas yang di tekan oleh kompresor jadi bahan ini menjadi panas dan pada bagian Katup Ekspansi Otomatis pipa tempat sirkulasi pendingin gas di per kecil, sehingga meningkatkan nya dan meningkat pada pipa evaporator menjadi dingin. 


Penulis akan menjelaskan cara kerja AC khusus pada AC split yang paling sering digunakan di Mall, Sekolah, hotel dan villa



Bagian-Bagian AC (Pendingin Udara) Beserta Fungsinya. 
  • Kompresor dan Reservoir Kompresor (komfersi). Yaitu bekerja untuk          memompa pendingin gas. 



  • Tempat penampungan ( Recervoir) . Yaitu            bekerja untuk banyak menyimpan gas dari kondensor sebelum di alirkan kekompresor.          Evaporator (pengembunan). Berfungsi untuk tempat pengeringan temperatur dingin
  • Pengering Filter. Berfungsi sebagai sisa filter gas dan oli Pengering 
  • Filter Motor Fan Dan Blower. Motor dijalankan untuk memutar kipas dan blower agar terjadi sirkulasi udara

Prinsip Kerja Air Conditioner ( AC) 

  
             
Prinsip kerja pada AC Split adalah dimulai dari kompresor. Kompresor memompa gas yang bertekanan tinggi dan bersuhu tinggi melalui pipa tekan (Discharge) ke kondensor. Di dalam kondensor suhu gas yang tinggi dibuang oleh Fan yang terletak pada Outdoor unit, sehingga suhu gas refrigerant menjadi dingin. 

Setelah melalui Condensor gas refrigerant masuk ke Filter Dryer untuk disaring, agar gas yang mengalir tidak terdapat kotoran. Setelah disaring gas (Freon) masuk ke pipa kapiler yang lubangnya begitu kecil, di dalam pipa ini freon saling bertubrukan dan berdesak-desakan disini freon telah berubah wujud menjadi cair yang sebelumnya berupa gas. 

Setelah melewati pipa kapiler freon akan menguap dan mengambil panas didalam Evaporator yang hampa udara. Sehingga pipa-pipa di evaporator menjadi dingin dan dihembuskan oleh fan motor yang ada dalam Indoor unit.

Setelah melakukan proses pendinginan freon di dalam evaporator, freon kembali disedot masuk kembali melalui pipa hisap (suction) ke dalam Kompresor. Begitulah cara kerja AC, singkatnya freon dipompa oleh kompresor keluar melalui pipa tekan lalu masuk ke condensor lalu ke filter dryer kemudian masuk melalui pipa kapiler menuju evaporator dan kembali ke kompresor melalui pipa hisap (Suction). 

Proses ini terus berulang ketika AC digunakan.


Masalah-Masalah Yang Di Hadapi

AC (Air Conditioner) yang membeku (jadi es).

AC (Air Conditioner) bisa membeku karena ACnya kotor, kekurangan gas freon / refrigeran, dan kerusakan pada motor fannya.
Cara Mengatasinya:

a) Jika AC membeku (jadi es) di sebabkan karena kotor.
Cara mengatasinya kita cukup dengan membersihkan bagian-bagian dalam AC yang kotor / cuci AC tersebut.

b) Jika filter dryernya kompresor mampet bekerja tidak stabil, dapat menyebabkan overload kompresor.

Cara mengetahui filter dryernya bisa dilihat dari pipa katup buangnya, sedangkan normalnya pipa katup buang itu panas, panasnya bisa dilihat dari berapa besar kapasitas kompresor itu. Kalau filternya sudah mampet tidak bisa diperbaiki lagi dan kita harus ganti filter yang baru.

c) Jika Kompresor kekurangan freon gas / gas refrigeran maka AC juga dapat menjadi beku, karena gas yang dipompa oleh kompresor sedikit.


2. AC Split yang tidak dingin
AC Split yang tidak dingin, umumnya disebabkan oleh Freon yang habis atau luar ruangan yang sudah kotor sehingga dalam proses pembuatan tidak maksimal.
Cara Mengatasinya:

a) Jika Freon Habis isi kembali dengan memakai Refrigerant 22 j outdoor dengan hati-hati, dapatkan matikan terlebih dahulu sumber arus pada Outdoor tersebut
Masalah-Masalah Yang Di Hadapi

2. AC Split yang tidak dingin
AC Split yang tidak dingin, umumnya disebabkan oleh Freon yang habis atau luar ruangan yang sudah kotor sehingga dalam proses pembuatan tidak maksimal.
Cara Mengatasinya:

a) Jika Freon Habis isi kembali dengan memakai Refrigerant 22 menggunakan alat Regulator ke kompresor.

b) Dan jika kotor bersihkan unit outdoor dengan hati-hati, dapatkan matikan terlebih dahulu sumber arus pada Outdoor tersebut
Perawatan Pada AC (Air Conditioner)
       Hal yang harus di lakukan agar AC (Air Conditioner) dapat bekerja dengan baik, antar lain:
a)      Lindungi AC dari debu dan air hujan.
b)     Lindungi ruangan AC dari asap, bau yang tidak sedap dan tidak terlalu panas.
c)      Untuk mengurangi pemborosan bahan AC ruangan, cegah udara luar terlalu banyak masuk secara langsung kedalam ruangan yang dipasang AC.
d)     Bersihkan kisi-kisi ventilasi Evaporator dari kotoran debu minimal 3 kali dalam satu tahun.
e)      Lakukan perawatan pada AC sesering mungkin agar AC tersebut berfungsi dengan baik dan dapat digunakan lebih lama oleh pemakainya.
f)       Perbaikilah langsung bagian AC yang mengalami kerusakan, baik itu kerusakan yang besar ataupun kerusakan kecil.
g)      Jangan biarkan kondisi AC menyala terus-menerus, jika tidak di gunakan segeralah matikan AC.  












Post a Comment

0 Comments

Close Menu